EVALUASI PERUBAHAN PENGGUNAAN ANGGARAN TAHUN 2021 BERDASARKAN JUKNIS PENYUSUNAN RKP 2021

Administrator 04 Desember 2020 12:28:58 WITA

Jumat (04/12/2020) bertempat di kantor Perbekel Panji Anom dilaksanakan Rapat Evaluasi Perubahan Penggunaan Anggaran Tahun 2021 berdasarkan juknis Penyusunan RKP 2021 dihadiri oleh Bapak Sekretaris Camat Sukasada, BPD Panji Anom, LPM Panji Anom, Perangkat Desa, Kader PKK, Pendamping Lokal Desa.

Rapat dibuka oleh Bapak Perbekel Panji Anom, beliau menyampaikan terkait adanya Perubahan pada anggaran APBDes 2021, terkait adanya BLT DD yang wajib dipasang di APBDes 2021.

Dilanjutkan Bapak Sekcam Sukasada beliau mengatakan bahwa sebenarnya sudah tidak balik lagi ke RKP namun lebih pada pencermatan Anggaran yang akan di input ke Aplikasi Siskeudes. Bapak Kasi Pembangunan juga menjelaskan terkait alur RKP dan Pencermatannya, dimana saat ini sebenarnya sudah menginput Data usulan ke Kabupaten melalui aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah).

Bapak Ketua BPD menyampaikan terkait dengan adanya BLT DD yang nantinya akan dilaksanakan pada Anggaran Tahun 2021. Tanggapan dari Staff Kasi Pemerintahan Sukasada mengatakan terkait RKP sebenarnya sudah pada tahan APBDes karena jika di RKP sudah tercantum kegiatannya meski nilainya sedikit. Pada penganggaran APBDesalah nantinya akan lebih pasti. Terkait periode pembagian BLT beliau menyampaikan bisa melaksanakan selama 6 bulan atau lebih, dengan anggaran Rp. 200.000 per KPM.

Terkait di Bidang Pembangunan yang nantinya akan melaksanakan kegiatan fisik dimana nanti diutamakan menggunakan pola Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang besaran anggarannya 50% dari jumlah anggaran. Maksud dari 50% ini adalah dari semua kegiatan yang dilaksanakan bukan dari masing – masing kegiatan.

Selanjutnya Kaur Perencanaan Desa Panji Anom menyampaikan terkait APBDes Tahun Anggaran 2021, beliau menyampaikan pada Bidang Pembangunan memasang anggaran kisaran +- 600 juta. Sedangkan dibidang 5 dipasang hanya 20 juta. Setelah adanya edaran baru terkait wajib dilaksanakan pembagian BLT DD maka dengan ini kegiatan di Bidang Pembangunan akan ditunda sementara.

Bapak Ketua BPD Menanggapi terkait dengan Anggaran Bidang 5 jika nantinya program tidak berjalan nantinya akan dilakukan perubahan dengan melakukan perubahan anggaran ke Bidang Pembangunan.

Bapak Ketua Komisi B BPD Panji anom menyampaikan terkait Skala Prioritas Pembangunan Desa Panji Anom. Sebagai pertimbangan Bapak Ketua Komisi B BPD pani Anom menyaranakan agar memotong anggaran di Penyederan Gang Muslim, Betonisasi Gang Lebahsiung dan Pengaspalan jalan Pancoran. Beliau juga menyampaikan bahwa yang paling layak untuk dilaksanakan adalah Jalan Puncak Landep dan Jalan Kartini, untuk pengaspalan di RT 1 Pancoran jalannya masih layak untuk dilalui.

Bapak Kasi Kesra menyampaikan pendapat bahwa yang prioritas adalah Rehab Rumah, Betonisasi Jalan Puncak Landep dan Betonisasi Jalan Kartini. Karna melihat dari segi asas manfaat.

Bapak Perbekel menyampaikan bahwa kegiatan yang tidak masuk diprioritas bukan tidak bisa dibiayai, namun ditunda sementara terkait adanya BLT DD. Beliau mengharapakan kegiatan yang tertunda nanti bisa dibiayai pada Perubahan Anggaran. Dan beliau menyampaikan agar peserta rapat menyepakati mana kegiatan yang akan dijadikan Prioritas.

Bapak Sekcam menyarankan agar lebih meningkatkan UMKM yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Panji Anom.

Terkait pencarian KPM BLIT DD diharapkan agar para Bapak Kadus menyisir warga dan mencari warga yang benar benar layak untuk menerima BLT DD, bukan karena kecocokan. Besar harapan Bapak Perbekel agar masyarakat yang benar benar miskin dapat tersentuh. Salah satu tolak ukurnya adalah kepemilikan aset.

Komentar atas EVALUASI PERUBAHAN PENGGUNAAN ANGGARAN TAHUN 2021 BERDASARKAN JUKNIS PENYUSUNAN RKP 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KALENDER BALI

Jam Digital

Live Chat

Cuaca

SINGARAJA WEATHER

Lokasi Panji Anom

tampilkan dalam peta lebih besar